Sabtu, 10 Juli 2010

vuvuzela

setiap piala dunia pasti punya keunikan tersendiri. piala dunia kali ini heboh sama yang namanya vuvuzela. vuvuzela itu semacam terompet khas Afrika Selatan. cara membunyikannya adalah dengan ditiup. vuvuzela mengeluarkan suara yang sangat bising. dari semenjak piala dunia mulai 11 juni lalu, vuvuzela sudah memeriahkan piala dunia. suara vuvuzela bisa kita dengar hampir di semua pertandingan piala dunia.

tapi, banyak orang yang mengeluhkan suara vuvuzela. bahkan teman saya bilang, vuvuzela membuat stadion kayak sarang tawon. hahaha. :) tapi ternyata vuvuzela ngga hanya dikeluhkan di Indonesia aja, stasiun televisi Inggris BBC, sempat mempertimbangkan untuk menyiarkan pertandingan piala dunia tanpa suara vuvuzela. oya ada jug artikel yang bilang kalo kekuatan suara vuvuzela sama dengan suara pesawat kalo lepas landas, dan kekuatan suara vuvuzela juga bisa mengalahkan suara metalica kalo lagi konser ! waaaw ! kebayang kan gimana berisiknya ?

berikut beberapa fakta menarik tentang vuvuzela.

1. vuvuzela bisa menciptakan suara hingga 130 desibel. Jumlah ini bahkan mengalahkan suara gergaji mesin yang 'hanya' 100 desibel. Sedikit fakta kecil, hukum di Afrika Selatan mewajibkan pekerja memakai alat pelindung telinga jika bekerja di tempat dengan suara di atas 85 desibel.

2. vuvuzela terbesar saat ini berada di Cape Town. Dengan panjang 114 kaki dan bisa menciptakan noise hingga 123,5 desibel.

3. Cape Town kehabisan sebuah alat bernama "Vuvu-Stops". Sebuah penutup telinga yang mengurangi suara Vuvuzela di dekat anda hingga 31 desibel.

4. nada yang dihasilkan oleh Vuvuzela adalah B-flat. Dan ada empat orkestra Vuvuzela di seluruh dunia. Tiga di Afrika Selatan dan Satu di Vienna.

5. The Rainbow Nation -julukan fans Afsel- sudah menyimpan Vuvuzela mereka sejak lama. Pihak produsen langsung menjual 20.000 Vuvuzela di hari Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah. Tahun 2004 silam.

6. tidak hanya sakit telinga, para fans juga dikabarkan mengalami luka di bibir mereka akibat terlalu bersemangat meniup vuvuzela. Oh ya. Ada beberapa jenis vuvuzela. Ada yang lebih kecil, dan ada juga yang jauh lebih besar.


here it is the vuvuzela.









*photos: credit to google images

Tidak ada komentar:

Posting Komentar